Saturday, January 31, 2009

Japan yugohan*

Mungkin ini adalah salah satu masakan jepang yang simple,banyak okatsunya. menunya tori tebayaki,tamago maki/telur gulung,ikan shisyamo, tahu/tofu salada di tambah buah kiwi buat dessertnya.sudah memenuhi 4 sehat 5 sempurna pa belum ya !!!for todays cooking



*yugohan: makan malam

Friday, January 30, 2009

Washoku Jikan しゃぶ しゃぶ (Shabu-shabu)




masak bareng mungkin itu lebih tepatnya soalnya memang hari ini sudah rencana masak masakan yang satu ini sama hanna chan yang ada di yonago shi hehehe...idenya seh dah dari dulu cuman baru terlaksana sekarang. washoku jikan, waktunya masak masakan jepang kali artinya dan ternyata kali ini kita rencana posting shabu-shabu salah satu masakan jepang yang di gemari selain nabe. apalagi waktu musim dingin. soalnya kemaren2 danasan minta buatin buta shabu, ya udah aq beli 2 pak yang satu gyu niku buat ku.nyam...nyam....nyam...habis tak tersisa.




Thursday, January 29, 2009

Nasi goreng ala indonesian



Di jepang mau masak nasi goreng ala indonesia tapi ternyata rasanya nggak seperti yang kita harapkan???
mau coba resep yang satu ini...,!!!cuman 5 menit dah jadi.aq dapat resepnya dari buku yang aq beli dan aq sudah coba berkali2 ternyata rasanya nggak mengecewakan...buat para perantau yang ada di jepang ndak ada salahnya mencoba. bahannya pun mudah di cari di supermarket kayak tori niku minchi (daging ayam giling) 60 gram (buat yang cuman be 2 kalo mau buat banyak bisa di tambah kan),paprika ato p-man secukupnya(yang yasai reto juga boleh),dan yang pasti nasinya donk....(kalo ada udang bisa di masukkan juga)
trus untuk souce nya campurkan:
  • bawang putih yang telah di cincang 1/2 kage
  • tomato souce 1 oosaji (satu sendok)
  • usta souce 1 oosaji
  • nanpora 1 kosaji (satu sendok teh)
  • sato/gula 1 kosaji

cara buat: sebelumnya goreng telur dulu, kalo ada udang goreng udangnya sekalian.setelah itu siapkan fried pan lalu dengan sedikit minyak masukkan daging cincang dan paprikanya tumis sampai agak matang lalu masukkan sauce nya tadi aduk lagi sampe bumbu tercampur setelah itu masukkan nasinya aduk2 lagi sampe nasi dan bumbunya tercampur rata terakhir masukin udang yang telah di goreng tadi.

Brownie kukus






Siang2 berhubung semua kerjaan ibu rumah tangga selesai, mau ngapain juga bingung ya udah buat brownie aja untung bahannya ada semua nggak usah ke supermarket buat beli bahan .buatnya juga nggak susah amat nggak usah pake oven pake penanak nasi aja ok.... (namanya aja brownie kukus)
buat yang di jepun kalo mau mencobanya aq masukin resepnya sapa tau berguna cuman buat sharing aja.oke untuk bahannya siapin:
  • margarin 75 gr
  • chocolate batang 100 gr
  • telur 2 butir
  • granyu/gula 75 gr
  • rum sake 1sdk mkn
  • tepung (komuniko) 70 gr
  • baking powder 15 gr
  • chocolate bubuk 1 sdk teh
  • kacang almond 50 gr

cara buatnya: lelehkan margarin sama coklatnya (denci renji +_ 1 menit) atau bisa di panaskan diatas api sampai meleleh dan tercampur.lalu siapkan bowl pecahkan telurnya kocok lalu masukkan granyu ato gulanya kocok sampai tercampur sempurna (sarasara)setelah itu masukkan bahan yang telah dilelehkan tadi plus rum sake nya aduk rata hingga semua menjadi coklat pekat.tepung,baking powder dan coklat bubuknya di campur jadi satu ayak dengan menggunakan ayakan di atas adonan coklat tadi setelah itu aduk dan aduk lagi lalu masukkan almondnya campur jadi satu. olesi permukaan penanak nasi dengan margarin mulai dari alasnya.samping,seluruh permukaan kira2 setengah bagian dari penanak nasi tsb lalu masukkan adonan tadi lalu ratakan dan masak adonan tadi seperti kita memasak nasi.setelah matang cek dengan menggunakan tusuk sate atau sumpit sapa tau adonan belum matang.lalu biarkan selama 10 menit.biarkan kue agak dingin dulu lalu keluarkan dari penanaknya.

About syal

Kurang dikiiiiit aja ini dah jadi syal,cuman gara2 kekurangan benang mau beli ke shop nya lumayan jauh nggak bisa kalo nggak di antar danasan...

Wednesday, January 28, 2009

Seafood Spaghetti

Coba masakan baru aq kasih nama brokoli & seafood spaghetti keren kan...(ah biasa.....) walaupun kayaknya nggak meyakinkan tapi rasanya...di jamin pasti memuaskan(promosi kali)... cucok deh buat menu makan siang,dingin2 pasti pengennya yang enak2 yang anget2 ... heran,maunya diet seh tapi liat makanan perut rasanya nggak mau di ajak kompromi bawaannya makan mulu..
buat yang ingin tau resepnya gampang koq:


  • tamanegi/bawang bombay 1/4
  • seafood mix secukupnya yang reto(seafood beku) juga boleh
  • bawang putih 1 siung di cincang
  • cabe utuh 1 aja
  • white wine 1/4 cup
  • spaghetti
  • brokoli
  • olive oil
  • garam & merica

Cara membuatnya:

  1. lunakkan spaghetti ke dalam air mendidih yang telah di taburi garam lalu biarkan selama beberapa menit
  2. sementara itu panaskan kan loyang/fried pan.tuangkan olive oil lalu masukkan bawang putih yang telah di cincang dan cabe sampai baunya harum lalu masukkan bawang bombay yang telah di iris tipis biarkan sampe layu trus masukkan seafood tuangkan white wine 1/4 cup lalu tutup dg penutup fried pan tunggu sampe 3 menit.kalo spaghettinya sudah lunak masukkan ke dalam fried pan gantian brokolinya masukkan ke dalam air mendidih,tapi jangan lama2 kira2 30-40 detik lalu masukkan juga ke fried pan aduk tambah kan garam sama merica secukupnya sesuai selera lalu taburi atasnya dengan daun parsley

selamat mencoba


glitter-graphics.com

Monday, January 26, 2009

Tsubaki no hana

Ini namanya bunga tsubaki,bunga yang hanya mekar waktu musim dingin sementara pohon dan tanaman laennya berguguran karena waktu musim dingin tanaman laennya beristirahat menanti datang nya musim semi...ihhh sok puitis...

Saturday, January 24, 2009

Nabe

Di jepang kalo musim dingin gini paling enak kalo masak nabe/one pot of nabe mungkin dah jadi kebiasaan jaman dulu kali...
naberyoori dibuat dari ikan,daging dan bermacam2 sayuran juga dashi/sup cukup simple bukan.alhasil ternyata nabe menjadi salah satu masakan yang paling di gemari pada waktu musim dingin...

Friday, January 23, 2009

Rajutan








Rajutan lagi pasti dah pada bosan kali ya liatnya hehehe...kali ini aq buat neck warmer ama syal lagi,nah yang menarik yang syal ini aq buat nggak pake jarum atau alat merajut laennya aq pake tangan, pake jari telunjuk.aq sendiri juga heran ternyata jari telunjuk bermanfaat juga wakakaka....

Thursday, January 22, 2009

Umiyage

Dapet oleh2... sebenernya seh barteran sama hanna chan yang di yonago shi,aq dapat nan & kare setto sama sakana kamaboko kana....sama video.wes pokok e ureshikatta arigatou ya non

Wednesday, January 21, 2009

Steak**


Kemaren danasan tanonda masakin steak donk...datte,ya udah cabut deh ke supa mumpung ka yo tokubai (selasa sale) dapet gyu niku/beef yang waribiki alias discount.lucky na..memang kalo masak steak paling enak kalo sup nya minnestrone sup..... skemononya, daikon dan hakusai skemono...dan tak lupa pake saladanya timun,tomato,kubis sama potato salada...

Tuesday, January 20, 2009

Danasan lagi nyanyi....

video

stttt.....hehehe iseng2 ngerekam misoa lagi nyanyi di mobil, habis ceriwis sih tak rekam aja..waktu itu aq lagi di perjalanan mau perpanjang visa ke imigrasi nagoya sambil dengerin lagu di ipod dia nyanyi2 sendiri...moga2 dia gak tau klo rekamannya tak masukin ke blog bisa marah hehehe....

Sunday, January 18, 2009

Ulang taun temen

Sebenernya ini postingan lama seh,taun lalu ....waktu itu ulang taun temenku tina yang tinggal di matsuzaka,karena aq tinggal di dekat nagoya di bela2 in tu acara ulang taun di adain di nagoya di restorant samasama nagoya,restorant khusus masakan indonesia.walaupun acaranya nggak begitu besar tapi cukup tanoshikatta ada sop buntut ada nasgornya ala indonesian trus ada sate ayamnya ada sambal lalapnya ada tempe gorengnya.dan yang pasti ada kue ulang taunnya juga.pokoknya natsukashii banget....

Acaranya meriah banget walaupun di acara itu orang indonesianya cuman kita be-3 doank tina,nia ama aq mungkin sama mas cooking nya yang kebetulan orang indonesia juga,orang asli jawa ternyata,jawa tengah hehehe....trus ada tante2 sama anaknya yang dulu suaminya pernah di tugaskan di indonesia, jakarta yang kebetulan juga temennya suaminya tina...dan ternyata mereka juga suka masakan indonesia apalagi anaknya itu paling doyan sambel sama sate ayam datte....

Friday, January 16, 2009

Koleksi botol mini minuman keras

Bukannya pemabok ato suka minum minuman keras tapi aq dari dulu emang suka ngokoleksi botol mini minuman soalnya bentuknya lucu....botolnya juga masih ada isinya lho.sayang kalo di buka hehehe....ada cointreau,brandy,whisky,juga ada disaronno...masih ada macam2 tapi aq cari yang bentuknya lucu2 doank....

Wednesday, January 14, 2009

Bete


Musim dingin....hari ini waktu aq bangun pagi rasanya dingin banget gak kayak biasanya. penghangat aq nyalain abis dingin nya minta ampun sampe perut rasanya sakit,masuk angin kali...hehehe.trus seperti biasa pagi2 buatin bento buat makan siang suami, siapin sarapan pagi habis itu mau buang sampah eee...ternyata salju turun,bete nggak seh padahal hari ni hari selasa di supermarket ato supa kalo bahasanya sini lagi murah2 nya huh.......

Omrice

satu lagi masakan jepang yang populer selain kare, omrice/omlet rice namanya,selain cepet buatnya juga gampang. abis kemaren aq sama suami nggak kelaparan banget seh soalnya lunch makan di don don an,rumah makan yang nyediain berbagai macam udon dkk ada juga ramen trus macam2 tempura juga ada oden trus ada onigirinya juga wah di jamin kalo maen ke sana pasti seneng.